4 Cara Cepat Menemukan Ide Untuk Blog

    
(cara menemukan ide untuk konten blog)



    Membangun blog bukanlah hal yang sederhana. Ia membutuhkan ketekunan dan konsistensi untuk membuat blog menjadi dan tetap hidup. Tak heran banyak orang mengatakan bahwa membangun blog ibarat membangun sebuah rumah, yang tak hanya semudah membalikkan tangan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dilakukan agar blog yang kita bangun dapat berkembang dengan baik. Salah satu permasalahan bagi para blogger pemula adalah mengenai ide konten blog. 

   Berikut 4 cara yang dapat dilakukan untuk menemukan ide konten blog:

1. Perbanyak Membaca Buku

     Memperbanyak membaca buku dapat membantu kita dalam menemukan ide untuk menulis konten dalam blog. Buku yang seharusnya kita baca tentunya adalah buku yang masih berkaitan dengan topik atau tema blog yang akan kita tulis. Ide-ide yang terdapat dalam buku dapat memberikan sudut pandang baru yang masih segar sehingga dapat memancing kita dalam menemukan ide konten untuk blog. Selain itu dengan membaca buku dapat memperbanyak kosa kata kita. Banyaknya kosa kata bisa membuat kita lebih mudah dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Hal ini, tentunya akan memudahkan kita dalam membuat tulisan.

2. Mencari Tulisan, Artikel, ataupun Blog dengan Topik Serupa

    Banyak artikel atau tulisan bertebaran di berbagai macam media. Kita dapat mengaksesnya kepanpun kita membutuhkannya. Membaca tulisan dengan topik serupa dapat memberikan gambaran untuk artikel yang akan kita tulis. Hal ini tentunya bukan berati kita diperbolehkan menjiplak karya orang lain, akan tetapi tulisan yang kita baca harus kita tulis ulang menggunakan bahasa kita. Metode ini biasa disebut dengan metode ATM, yaitu amati, tiru, lalu modifikasi. Kita bisa membaca dan menemukan beberapa ide disana, lalu kita dapat mengembangkan atau memodifikasi bahasa atau ide sesuai dengan pemahaman kita.
     Contohnya, kita akan membuat tulisan blog dengan topik masakan. Kita bisa mulai dengan mencari artikel mengenai masakan yang lezat. Setelah kita menemukan beberapa artikel tersebut, kita dapat membacanya dan mengambil intisari dari tulisan itu. Selanjutnya kita dapat menulis hal yang serupa dengan syarat tidak boleh hanya sekedar meng-copy paste. Kita bisa mengembangkan bahasa dan ide sesuai dengan kreatifitas kita. Hal yang perlu kita garis bawahi disini adalah kita harus selektif dalam mencari informasi. Mencari dan menggunakan informasi tanpa bersikap selektif dapat membuat kita mendapat informasi yang salah. Menjadi seorang penulis harus bisa mempertanggungjawabkan tulisan kita juga. Jangan sampai kita menulis hal yang salah dan membuat orang lain juga terjerumus kesalahan yang sama.

3. Memanfaatkan Social Media 

     Sosial media sudah menjadi hal yang sangat akrab dengan kita dikehidupan sehari-hari. Kekuatan sosial mediapun tidak dapat kita remehkan. Sosial media memberikan kita banyak dan berbagai macam informasi tiap harinya. Hal-hal yang tidak dapat kita jangkau dapat kita dapatkan dengan mudah dengan sosial media. Sebagai blogger kita dapat terbantu dengan menemukan hal-hal yang sedang trend  atau sedang ramai diperbicangkan masyarakat. Darisana kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan ide untuk tulisan yang akan kita buat. 

4. Peka Sekitar dengan Memulai dengan Hal-Hal yang Sederhana

    Jika kita masih saja bingung hendak menulis hal seperti apa, kita dapat mulai dari hal-hal sederhana disekitar kita. Jangan memikirkan terlalu rumit, cukup lihat sekitar kita, temukan informasi apa yang dapat kita peroleh dan bagikan lagi kepada orang lain. Seperti contoh tulisan ini, tulisan ini lahir karena kebingungan saya menemukan ide untuk tulisan di blog saya. Kebingungan ini membuat saya mencari tips and trik  bagaimana menemukan ide untuk blog. Mencari informasi dan mendapatkan berbagai informasi, membuat saya merasa ada angin segar seketika. Hal inilah yang membuat saya ingin membagikan intisari dari hal-hal yang saya peroleh.

Selamat berkarya !



Posting Komentar

10 Komentar

  1. Makasih kak untuk informasinya, selama ini saya juga kesulitan dalam menemukan ide konten untuk blog, namun seiring berjalan waktu akhirnya aku menemukan banyak point² penting di web ini juga 😉

    BalasHapus
  2. Menarik.. artikelnya sangat menarik & informatif.. untuk memulai konsistensi blogging adalah niat, dan emang awalnya pasti iseng2.. oiya saya mau berbagi cerita dikit nih ttg cara menyusun artikel yg bagus, selalu buatkan kerangka artikel yg utuh, relevan & saling berkaitan.. jd artikelnya bakalan enakk bgt utk dibaca dg berbagai gaya bahasa masing2..

    Trimakasih telah berbagi informasinya yaa

    BalasHapus
  3. Thanks yaa kak sudah sharing! Ide lainnya untuk blog bisa berdasarkan pengalaman kita akan sesuatu hal, dan kita sharing didalamnya.

    BalasHapus
  4. Wow tulisannya keren banget kk. Boleh nih dipakai tipsnya

    BalasHapus
  5. Ok akan coba saya terapkan,, semoga berhasil,, suka dengan tulisan seperti ini

    BalasHapus
  6. Tips ini beneran berhasil karena sudah dari dahulu saya praktekkan seperti sering membaca buku, lihat-lihat medsos atau hanya sekadar lagi jalan-jalan santai sekitar rumah bisa aja dapat ide hahahahaha. Jadi ingat dulu pernah dapat ide menulis hanya karena diberi tumpangan oleh orang sangar ke mesjid wkwk. Makasih ilmunya ya kak ^^

    BalasHapus
  7. Thanks tipsnya ya kak. Beberapa udh pernah dipraktekin dan emang ampuh untuk mendapatkan ide2 yang terkadang mampet. Kl udh gk ada ide itu jadinya gk mood. Nyari ide yg pas terkadang emang lumayan kualahan.

    BalasHapus
  8. kalo saya pribadi sih, tips nomor 2 diganti nonton youtube atau dengerin podcast yang setopik dengan blog saya :D

    BalasHapus
  9. Setuju banget nih mbak, peka sama sekitar itu kadang jadi tema tiba tiba pas pengen nulis. Apalagi suasana hati jg kadang mendukung.. 😁

    BalasHapus
  10. Terima kasih, ini sangat membantu :)

    BalasHapus

Beri kami kritikan atau saran yang membangun. terimakasih..